Kamis, 09 Juni 2011

TAMBANG BIJI BESI DI TABALONG



Tabalong Kal-Sel, PT Sumber Jaya Asia, PT Aset Mitra Alam, PT Kimberlite dan  PT Bakal Makmur Sejahtera, telah mendapatkan Izin Eksplorasi Bijih Besi di Kabupaten Tabalong Kal Sel, Kepala Bidang Pengawasan Perijinan Pertambangan, Dinas Pertambangan Kabupaten Tabalong,  Johan Arifin (4/10)  menjelaskan  "ada empat Perusahaan Penambang Bijih Besi di Kabupaten Tabalong yang telah mengantongi izin eksplorasi dan belum satupun yang berproduksi. " Keempat perusahaan itu adalah PT Sumber Jaya Asia, PT Aset Mitra Alam, PT Kimberlite dan  PT Bakal Makmur Sejahtera,"

Data  Dinas Pertambangan Kab.Tabalong, PT Kimberlite, PT Aset Mitra Alam  sudah melakukan kegiatan eksplorasi di dua kecamatan. di Kecamatan Jaro dan Muara Uya. Kab.Tabalong, Johan  Arifin juga menjelaskan "Memang ada perusahaan pemegang kuasa penambangan yang melakukan eksplorasi di dua kecamatan seperti PT Kimberlite dan PT Aset Mitra Alam masing-masing di Jaro dan Muara Uya,". Kegiatan eksplorasi bijih besi yang dilakukan perusahaan tersebut tersebar di tiga kecamatan yakni Jaro, Muara Uya dan Upau.

PT SUMBER JAYA ASIA  SIAP BEROPERASI DI TABALONG
Membuka Lowongan Kerja di Internet untuk kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan kota lain di Indonesia.
PT Sumber Jaya Asia saat ini telah membuka Via Internet untuk lowongan Pekerjaan daerah Tanjung Tabalong  http://www.lowongandi.com/cari/lowongan+pt+sumber+jaya+asia+tanjung+tabalong+2010.html -
inilah isi Lowongan PT.Sunber Jaya Asia di situs  www.lowongandi.com
"Informasi Pekerjaan Lowongan PT. Sumber Jaya Asia Tanjung Tabalong 2010. Dapatkan berita terbaru seputar lowongan pt sumber jaya asia tanjung tabalong 2010 di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan kota lain di Indonesia. Pengumuman hasil test penerimaan lowongan pt sumber jaya asia tanjung tabalong 2010, Peluang Kerja dan Karir lowongan pt sumber jaya asia tanjung tabalong 2010. Tips bekerja , Lamaran Kerja dan Interview atau Wawancara Kerja lowongan pt sumber jaya asia tanjung tabalong 2010".
tapi anehnya di info lowongan ini tidak dituliskan informasi terinci juga tujuan lamaran - dan lowongan ini hanya dikhususkan di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan kota lain di Indonesia, belum ada untuk Putra Daerah Tabalong itu sendiri.

Kehadiran investor di Tabalong.
PT Sumber Jaya Asia pernah tersandung protes keras masyarakat di  Mangan di kawasan Hutan Soga RTK 103 Kecamatan Reo Kabupaten Manggarai Barat Kupang NTT pada thn 2009 - yg menghasilkan keputusan Bupati Manggarai No. HK/72/2009 yang mencabut izin kegiatan  eksploitasi tambang oleh PT Sumber Jaya Asia. terkait eksploitasi di Hutan Lindung - kemudian gugatan di batal kan oleh PTUN Kupang. Kini PT Sumber Jaya Asia  dan Perusahaan lainnya yg sudah mengantongi Izin Eksplorasi  siap  beroperasi menambang bijih besi di Kabupaten Tabalong, Kehadiran perusahaan perusahaan ini hendaknya tidak merusak Lingkungan di daertah ini nantinya.

EKSPLOITASI DI BUMI SARABAKAWA TABALONG.
Bumi Kalimantan setiap detik dicungkil dan diangkut kekayaan isi perutnya terus menerus, Minyak Bumi (Pertamina) yg sdh beroperasi 50 tahunan di bumi Tabalong juga Perusahaan Batu Bara (ADARO),  telah beroperasi  diBumi Tabalong dengan catatan tidak ada kata berhenti meski di hari besar sekalipun, saat ini terkait perusahaan penambang Bijih Besi mereka yg akan  beroperasi di wilayah Kab.Tabalong Kecamatan Jaro dan Upau tentu tidak berbeda jauh dengan perusahaan yang ada sebelumnya. Penambanagan biji besi di Kecamatan Jaro dan Upau yang notabene  adalah wilayah  tempat kawasan sumber daya mata air pegunungan yang mengaliri sungai  di Kab.Tabalong sampai Kab.HSU Amuntai, mayoritas masyarakat didaerah ini  mengunakan air sungai sebagai sumber  kehidupan, jika air sungai  rusak / terkontaminasi maka hancurlah ekosistem dan sangat membahayakan Lingkungan kehidupan Manusia, bencana pun menghadang mahluk hidup - ingat Banjir bandang yang menyapu pengunjung wisata  pada lebaran Idul Fitri (12/9) telah menewaskan sedikitnya 10 orang di objek wisata Air terjun Kinarum Kec.Upau. karena hutan sudah berubah fungsi total, tidak dapat  lagi menyangga air  ketika hujan lebat dipegunungan. kehancuran lingkungan yg berkepanjangan pun siap menghantarkan pada kemiskinan  daerah ini dimasa akan datang, hutan sebagai penyeimbang beraneka ragam hayati , penyeimbang cuaca, dan penyeimbang kehidupan manusia. jangan sampai hutan  kehilangan fungsi. menjadi tanah tandus dan danau / kawah besar mengganga , kalau sudah hutan berubah fungsi besar besaran ! maka akan menjadi ancaman terbesar bagi kehidupan manusia. Na'udzubillah mindzalik. keberadaan Perusahaan perusahaan ini hendaknya mendapat kontrol dari LSM dan lembaga terkait. agar terciptanya keserasian kepentingan dalam suasana investasi di Kab.Tabalong.

Hingga saat ini jumlah kuasa penambangan atau pemegang izin usaha pertambangan yang masuk di Tabalong mencapai 24 perusahaan, masing-masing empat pertambangan bijih besi dan 20 pertambangan batu bara. Untuk pertambangan batu bara enam perusahaan telah mengantongi izin eksploitasi dan 14 perusahaan baru masuk tahap eksplorasi  ."Dari 20 KP batu bara  baru enam perusahaan yang mengantongi izin eksploitasi, sisanya baru masuk tahap eksplorasi. - Harapan Rakyat/Tim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar